Rabu, 13 Agustus 2008

Asabila


Singkatan dari Akhdan Sabilulhaq yang lahir 19 Januari 2001, Akhdan diambil dari bahasa arab yang artinya sahabat yang sangat dekat. Sabil artinya jalan dan alhaq artinya kebenaran atau kebaikan. Pemberi nama menginginkan siempunya menjadi sahabat di jalan kebenaran. Ia selalu setia menemani perjalanan yang bertujuan baik, dijalankan dengan proses yang baik dan diharapkan beroleh kebaikan. Jika ada yang salah dia berusaha memberi solusi perbaikan. Bila kita di persimpangan jalan, dia akan menunjukkan jalan yang lebih dekat pada kebaikan. Kelahiran namanya diilhami dengan suasana yang ingin menghadirkan idealisme di tengah-tengah kenyataan hidup yang orang bilang susah-susah gampang hidup dengan kebenaran. Apalagi ada relatifitas antara kebenaran dan kebaikan. Orang bilang baik untuk si A belum tentu baik untuk si B, benar kata si A belum tentu benar kata si B, bergantung dari sudut mana ia memandang dan dari arah mana ia berangkat.
Ada keyakinan dalam diri pemberi nama bahwa manusia dilahirkan dalam keadaan Fitrah, orang tuanya yang membuatnya menjadi yahudi, nasrani, atau majusi. Secara bahasa Fitrah artinya suci, dan secara makna hakikatnya fitrah adalah selamat alias Islam. Semoga sahabat di jalan kebenaran tidak serta merta menjadi musuh dijalan keburukan melainkan menjadi solusi agar jalan yang buruk bisa dibelokkan ke jalan yang baik.
Orang jawa bilang hidup di dunia ini ibarat mampir ngombe artinya mampir itu biasanya memang hanya sebentar saja untuk menambah kekuatan dan membawa perbontotan dalam perjalanan agar bisa selamat sampai di tujuan. Syukur jika perbekalan itu masih tersisa sehingga bisa digunakan di tempat tujuan.
Jalan telah terbentang; ada jalan kampung, jalan raya dan jalan tol. Tergantung pepatah mana yang kita pakai "Siapa cepat di dapat" atau "biar lambat asal selamat". Semua ada konsekuensinya, semua butuh usaha dengan cara yang baik dan benar menurut the Maker of the role of the game. Semoga do'anya terkabul, Amiin.

Tidak ada komentar: